Home » » Obat Herbal Penurun Kolesterol

Obat Herbal Penurun Kolesterol

Written By BloggerMuda on 18 April 2012 | 7:28 AM

Sambiloto
Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang secara alami diproduksi oleh tubuh untuk membentuk membran sel. Kolesterol merupakan kombinasi lipid (lemak) dan steroid.  80% kolesterol tubuh yang diproduksi oleh hati dan 20% sisanya berasal dari makanan yang kita makan. Makanan yang banyak kolesterol terutama banyak ditemukan pada lemak dari hewan, jeroan, kuning telur , santan, kerang/tiram, produk susu, mentega, dll. Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol makanan diserap dari usus dan disimpan dalam hati. Hati mampu mengatur kadar kolesterol dalam aliran darah dan dapat mengeluarkan kolesterol jika diperlukan oleh tubuh. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai 'pembawa' (carrier) kolesterol dalam darah.Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) Jenis kolesterol ini berbahaya sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) tidak berbahaya karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya sumbatan pada dinding pembuluh darah).
beberapa obat herbal untuk menurunkan kolesterol :

Daun Salam (Syzigium polyanthii folium)
Rebus daun salam bersama laos lalu minum air rebusan tersebut.
herbal daun salam secara tradisional dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan diabetes. daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkankan kolesterol. Dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah.

Laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih.

Bawang merah
Iris bawang merah sebanyak 20 gram, makan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari

Sambiloto
Tanaman pahit ini dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Caranya rebus 20 gram sambiloto kering dengan 3 gelas air sampai menghasilkan 1 gelas air. Minum setelah makan.

Belimbing wuluh
Rebus daun belimbing wuluh dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Saring dan minum 3 kali sehari.
Selesai sarapan dan makan malam, jangan lupa untuk memakan sebuah belimbing ukuran besar. Ini juga bermanfaat sebagai obat antikolesterol.

Macam macam tanaman obat dapat dilihat di gallery
Anda bisa konsultasi kepada kami. Klik Konsultasi atau pilih pada top menu.
Lihat juga Pengasuh Blog
Share this article :
 
Support : Copyright © 2012. Ramuan Obat Herbal dan Informasi Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger