Home » , » Purwaceng Obat Herbal Meningkatkan Libido

Purwaceng Obat Herbal Meningkatkan Libido

Written By BloggerMuda on 18 April 2012 | 8:42 AM

Purwaceng
Purwoceng merupakan tanaman endemic asli Indonesia. Penyebaran tanaman ini hanya di daerah Jawa meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Di Jawa Barat, ditemukan banyak tumbuh di Gunung Galunggung dan Gunung Pangrango, sedangkan di Jawa Tengah terdapat di Pegunungan Dieng. Purwoceng merupakan tanaman liar yang tumbuh di bawah tegakan hutan.

Purwoceng merupakan tanaman terna perennial. Tanaman purwoceng berakar tunggang. Akar bagian pangkal semakin lama akan bertambah ukurannya seolah membentuk umbi seperti ginseng, tetapi tidak sebesar umbi ginseng. Akar-akar rambut keluar di ujung-ujung akar tunggang. Habitus tanaman membentuk rosset dan tangkai daun berada di atas permukaaan tanah. Tajuk tanaman menutupi permukaan tanah hamper membentuk bulatan dengan diameter tajuk berkisar 36-45 cm setiap tanaman. Tangkai daun tumbuh rapat menutupi batang tanaman. Batang tanaman tidak terlihat, seolah tidak ada. Jumlah tangkai berkisar 22-27 buah/tanaman. Pangkal tangkai pada umunya berwarna merah kecoklatan, sebagian kecil saja yang berwarna merah kehijauan. Panjang tangkai daun berkisar 18-26 cm.
Daun tanaman majemuk menyirip ganjil. Anak daun tumbuh di sepanjang tangkai daun dengan kedudukan saling berhadapan. Pada  ujung tangkai tumbuh daun tunggal. Bentuk anak daun hijau dan permukaan bawahnya hijau keputihan. Tanaman menghasilkan biji sehingga perbanyakan tanaman dilakukan dengan biji.

Efek Farmakologis :
Purwoceng dapat meningkatkan libido (nafsu), meningkatkan hormon testoteron dan meningkatkan jumlah spermatozoid. Dari percobaan pada anak ayam terbukti bahwa anak ayam yang diberi ramuan purwoceng, memunculkan cirri-ciri kejantanan akan tumbuh lebih cepat. Selain itu, jengger anak ayam jantan akan lebih cepat muncul setelah diberi makanan yang dicampur dengan ekstrak purwoceng. Selain meningkatkan nafsu pria, purwoceng juga mempunyai khasiat menambah stamina tubuh karena mengandung komponen kimia yang ikut aktif dalam metabolisme  di dalam tubuh manusia.
Khasiat lain diantaranya sebagai analgetika (menghilangkan rasa sakit), antipiretika (menurunkan panas), anthelmitika (obat cacing), antifungi, antibakteri, dan antikanker.

Efek Farmakologis :
Kandungan kimia berupa metabolit sekunder yang merupakan zat berkhasiat pada herbal purwoceng adalah kelompok saponin. Terdapat pula senyawa triterpenoid-steroid, sitosterol, dan stigmasterol yang merupakan komponen kimia utama dalam pembentukan testosterone serta mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan fertilitas spermatozoid. Selain itu, purwoceng juga mengandung kumarin yaitu senyawa bergapten dan iso bergapten yang berfungsi dalam meningkatkan stamina tubuh. Herbal purwoceng juga mengandung alkaloida, yaitu senyawa yang banyak digunakan dalam industri obat modern. Kandungan senyawa lainnya adalah flavonoid, glikosida, dan tanin.

Herbal purwoceng di samping  mengandung metabolit sekunder berupa zat berkhasiat, juga mengandung banyak mineral antara lain : Protein     (20,62%), Fosfor    (0,70%), Kalium     (4,53%), Sulfur (0,52%), Kalium     (1,90%), Magnesium ( 0,27% ), Seng ( 79,83 ppm )    .
  
Ramuan purwoceng dalam bentuk serbuk cukup mudah dalam penyajian dan pemakaiannya. Ramuan cukup diseduh dalam air mendidih. Dosis pemakaian 7 gram dalam 300 cc air. Air seduhan bias ditambahkan madu, kuning telur ayam kampong yang masih mentah, dan sedikit jeruk nipis sebagai penyedap.Ramuan bisa diminum tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari,masing-masing satu gelas.

Jika ramuan dalam bentuk simplisia kering harus direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Ramuan direbus dengan api kecil sampai mendidih.Alat perebus diusahakan berasal dari panic yang terbuat dari tanah, bukan dari bahan besi dan alumunium. Ramuan dimasak dengan air sebanyak tiga gelas. Setelah kira-kira tersisa 1 gelas, api dimatikan dan ramuan diangkat lalu didinginkan. Selanjutnya, saring dan tuangkan dalam gelas. Ramuan bias diminum tiga kali sehari.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2012. Ramuan Obat Herbal dan Informasi Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger