Home » » Cara Merawat Rambut Dengan Pencucian Yang Tepat

Cara Merawat Rambut Dengan Pencucian Yang Tepat

Written By BloggerMuda on 03 June 2012 | 5:10 PM



Rambut adalah mahkota perempuan. Tak aneh jika Anda merasa wajib untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan mencuci rambut menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut Anda. Namun, ternyata meski terbilang mudah untuk mencuci rambut, nyatanya ada beberapa orang yang salah mencuci rambut.

Simak beberapa fakta tentang mencuci rambut berikut dan simak apakah cara mencuci rambut Anda sudah tepat?

1. Tidak masalah untuk mencuci rambut setiap hari, tapi itu tidaklah penting. 
Perlu atau tidaknya mencuci rambut setiap hari sebenarnya tergantung pada tekstur rambut Anda sendiri. Tidak ada masalah untuk mencuci rambut setiap hari karena Anda selalu berkeringat, misalnya karena Anda rutin berolahraga atau pergi ke gym. Namun, jika tidak terlalu banyak berkeringat atau kotor, sebaiknya tidak perlu untuk mencucinya setiap hari. Paling tidak cucilah rambut Anda setidaknya dua hari sekali. 

2. Rapikan rambut sebelum mandi. 
Seringkali ketika keramas, Anda cenderung untuk tak peduli dengan bentuk rambut yang mungkin saja kusut. Sebaiknya uraikan dan rapihkan dulu rambut Anda ketika mandi, agar rambut tak rontok dan semakin kusut. Rambut basah lebih rapuh daripada rambut kering, sehingga rambut akan lebih kusut dan mudah rontok ketika sedang dicuci.

3. Tak perlu banyak menggunakan sampo. 
Ketika keramas, tak jarang Anda mengusapkan sampo dalam jumlah yang cukup banyak agar busanya banyak keluar. Padahal sebenarnya Anda tak perlu terlalu banyak menggunakannya. Rambut dengan tekstur normal hanya memerlukan sampo sebanyak ukuran uang logam saja di tangan. Sedangkan rambut dengan tekstur yang lebih tebal bisa menggunakan sampo sebanyak seperempat ukuran telapak tangan. Sebenarnya ukuran seperti itu sudah tergolong cukup, namun jika Anda mengginginkan adanya busa yang banyak, maka bilas dan ulangi agar rambut terasa bersih.

4. Gunakan air hangat. 
Ketika mencuci rambut sebaiknya gunakan air hangat dibanding air yang terlalu panas. Air yang terlalu panas bisa menyebabkan pengeringan kulit dan kulit kepala.

5. Gunakan sampo dan kondisioner sesuai fungsinya. 
Sampo dan kondisioner pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. Namun, pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Ketika menggunakan sampo, usapkan ke akar rambut Anda dan biarkan busanya bekerja turun ke ujung rambut yang lebih rapuh. Namun, ketika menggunakan kondisioner, maka lakukan sebaliknya. Fokuslah pada ujung rambut yang membutuhkan perhatian yang lebih banyak, karena biasanya lebih rapuh.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2012. Ramuan Obat Herbal dan Informasi Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger