Home » » Memilih Pasta Gigi Yang Tepat

Memilih Pasta Gigi Yang Tepat

Written By BloggerMuda on 03 June 2012 | 4:59 PM



"Sampai saat ini masih banyak konsumen Indonesia yang memilih produk perawatan gigi ini berdasarkan bentuk dan merek favorit semata. Seharusnya, pemilihan produk oral care ini didasarkan pada kebutuhan masing-masing orang," ungkap Prof Dr  drg  Hj Melanie Soedono, MBiomed, dalam acara "Formula Masquerade Ball" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Melanie mengungkapkan, setiap orang memiliki masalah gigi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan yang berbeda ini membutuhkan solusi penggunaan produk yang berbeda pula. Misalnya, ketika mengalami masalah gigi sensitif, maka Anda membutuhkan produk perawatan oral care yang dikhususkan untuk merawat gigi sensitif. Salah memilih produk perawatan akan berakibat hasil yang kurang maksimal, dan bisa jadi menambah parah keluhan pada gigi.

Lembaga riset Insight Asia dan Formula belum lama ini melakukan survei kepada responden berusia 25-35 tahun, yang berasal dari berbagai status ekonomi dan sosial (SES) di Indonesia. Hasil survei mengungkapkan bahwa perawatan gigi dan mulut merupakan kebutuhan mendasar yang diperlukan setiap hari. Survei juga mengungkapkan empat hal yang umumnya mendorong orang dalam memilih produk perawatan gigi dan mulut. Mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya:

1. Basic clean (kebersihan dan perlindungan)
Masyarakat dalam kelompok kebutuhan basic clean ini mempunyai kebutuhan untuk memiliki gigi yang selalu terlindungi dan bersih sepanjang hari. Melalui survei tersebut, diketahui bahwa  Indonesia memiliki kebutuhan terbesar akan hal ini. "Sebenarnya hal ini merupakan kebutuhan paling mendasar dari seseorang. Hanya saja untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, tak cukup dengan melakukan perawatan standar seperti menyikat gigi saja," tukas Melanie. 

Menurutnya, menyikat gigi saja tak cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut secara menyeluruh. Karena selain gigi, di dalam mulut juga terdapat lidah, gusi, mukosa (lapisan dalam dinding mulut), dan air liur yang harus dijaga kebersihannya. Karena itu, perawatan total dari sikat gigi, menggunakan mouthwash, dan lain-lainnya, juga harus dilakukan.

"Perhatikan juga kualitas masing-masing produk oral care yang digunakan. Misalnya, pemilihan sikat gigi yang tepat sesuai kebutuhan, pasta gigi dan mouthwash yang efektif untuk melindungi gigi, tanpa kandungan alkohol di dalamnya," sarannya. 

2. Problem avoider (berkebutuhan khusus)
Motivasi membeli produk oral care di kelompok kedua ini didasari pada kebutuhan mereka untuk merawat gigi dengan kebutuhan khusus seperti gigi sensitif, gingivitis (radang gusi), dan radang mulut. "Ketika mulut dan gigi sedang bermasalah, gigi tidak bisa dirawat dengan perlakuan standar, tapi membutuhkan perawatan yang ekstra," tukasnya. 

Gigi sensitif membutuhkan perawatan ekstra dengan menggunakan pasta gigi khusus yang mengandung potasium, nitrat, tea tree oil, clovemint, dan fluoride. Selain itu, Melanie juga mengungkapkan, sikat gigi yang dipilih harus memiliki batang yang lentur, kepala sikat yang lebih kecil, dan bulu sikat yang ekstra lembut. Sedangkan obat kumur yang dipilih sebaiknya tidak mengandung alkohol agar tidak membuat email gigi bertambah tipis. 

3. Attractiveness (penampilan yang menarik)
Tak bisa dipungkiri bahwa gigi yang sehat, putih, dan bersih, memberikan nilai tambah dalam penampilan seseorang. Kategori ini ditempati oleh laki-laki dan perempuan yang membutuhkan dukungan untuk senyuman yang lebih memesona melalui tampilan gigi mereka, dan nafas yang segar.

4. Preventive investment (Investasi kesehatan)
Kebutuhan untuk mendapatkan perawatan gigi sebagai investasi kesehatan banyak diinginkan oleh masyarakat di golongan menengah ke atas. Mereka merawat gigi agar selalu sehat sempurna sepanjang hidupnya. "Merawat gigi dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan masing-masing merupakan aset untuk investasi kesehatan gigi di masa depan. Sehingga bisa gigi bisa terlindungi selalu, dan terbebas dari berbagai penyakit gigi dan mulut yang parah, " tukas artis, Artika Sari Devi.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2012. Ramuan Obat Herbal dan Informasi Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger